Proses Pembelajaran

PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA DAN PENDIDIKAN PROFESI BIDAN PROGRAM PROFESI

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS AISYIYAH YOGYAKARTA

Prodi Sarjana dan Profesi Bidan telah menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa / student centered learning, inovatif dan dilaksakanakan secara konsisten. Proses pembelajaran yang rencanakan dan laksanakan sesuai implementasikan kurikulum Prodi Sarjana dan Profesi Bidan dapat dilakukan di kelas, laboratorium dan lahan praktik (Rumah Sakit / Klinik Pratama / Puskesmas / Praktik Mandiri Bidan).

  1. Pembelajaran teori

Dalam proses pembelajaran kuliah teori dosen tidak hanya melakukan metode ceramah, tetapi juga melakukan komunikasi dua arah dan membuka ruang diskusi selama kuliah berlangsung. Inovasi pada perkuliahan teori dilakukan dengan menerapkan beberapa metode SCL dan dilakukan dengan menggunakan e-learning, dosen membuka ruang diskusi melalui forum diskusi pada e-learning, membuat kuis dan penugasan.

Penerapan metode pembelajaran Student Centered Learning misalnya tutorial, interactive learning, discovery learning, small group discussion, focus group discussion, roleplay dan simulasi, case study, self-directed learning, cooperative learning, collaborative learning, project based learning, problem based learning.

  1. Pembelajaran laboratorium

Pembelajaran laboratorium menggunakan strategi belajar seperti demonstrasi, redemonstrasi, silent demonstration, role play, simulasi, eksperimen sederhana, observasi langsung, case based, pembuatan instrumen seperti instrumen wawancara, instrumen observasi, contextual learning, wawancara tokoh, field trip dan refleksi praktikum.

  1. Pembelajaran di wahana praktik

Pembelajaran di wahana praktik dilakukan strategi pembuatan rencana belajar di lahan praktik lewat kegiatan daily activities plan, praktik observasi, praktik partisipasi dengan tindakan dan kasus yang ada di lahan praktik, praktik langsung dibawah supervisi, refleksi kasus dan tindakan, pendokumentasian kasus, pembuatan makalah, presentasi kasus, dan diskusi kelompok.

Istilah lain dalam strategi ini adalah praktik langsung, cased based learning, refleksi, problem based learning, self directed learning, Bed Side Teaching (BST), journal reading, manajemen kasus.

 

Download (PDF, 4.56MB)

Program Studi Sarjana dan Profesi bidan UNISA mengembangkan berbagai model pembelajaran Student Centered Learning. Pembelajaran dapat berupa pembelajaran teori di kelas, seminar, tutorial, praktikum di skills Laboratory dan Early Clinical Exposure di lahan praktik. SKS yang ditempuh mahasiswa pada tahap Akademik adalah 147 SKS dan tahap profesi adalah 36 SKS.